Rekomendasi Kuliner Bandung yang Enak dan Hits

Rekomendasi Kuliner Bandung yang Enak dan Hits

Bandung, dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia, menawarkan beragam pilihan makanan yang enak dan hits. Dari makanan tradisional hingga kuliner modern, kota kembang ini selalu memiliki sesuatu yang baru dan menarik untuk dicoba. Berikut adalah beberapa Rekomendasi Kuliner Bandung yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota ini.

1. Batagor

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi Batagor, salah satu snack khas yang populer. Batagor merupakan singkatan dari “Bakso Tahu Goreng” yang terbuat dari tahu dan ikan yang digoreng hingga renyah, kemudian disajikan dengan saus kacang. Batagor Kingsley dan Batagor Riri adalah beberapa tempat yang paling terkenal untuk menikmati snack ini.

2. Nasi Kalong

Nasi Kalong adalah kuliner malam yang unik di Bandung. Dinamakan “Kalong” (kelelawar) karena hanya dijual di malam hari, nasi ini disajikan dengan lauk pilihan seperti ayam, ikan, dan lainnya. Yang membuatnya unik adalah warna nasinya yang hitam, diberi warna dengan arang alami yang juga dipercaya memberi manfaat kesehatan.

3. Martabak Manis

Martabak manis, atau sering disebut terang bulan, adalah jajanan yang sangat populer di Bandung. Dengan berbagai isian seperti cokelat, keju, kacang, hingga varian modern seperti KitKat Green Tea, martabak manis ini selalu berhasil memanjakan lidah. Martabak San Francisco dan Martabak Sinar Bulan adalah beberapa tempat terkenal untuk menikmati makanan ini.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Jakarta yang Harus Kamu Coba

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi Cibungur Purwakarta kini bisa dinikmati di Bandung. Sate ini terkenal dengan bumbunya yang meresap dan sambal kecapnya yang khas. Dibuat dari daging sapi atau kambing yang dibakar, sate ini merupakan pilihan tepat untuk penggemar makanan berbumbu.

5. Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki Serayu adalah salah satu tempat makan favorit di Bandung untuk menikmati cuanki dan batagor. Cuanki adalah semacam sup ikan dengan bola-bola ikan dan tahu yang disajikan panas-panas, sangat cocok untuk cuaca dingin di Bandung.

6. Kuliner Modern di Cafe-Cafe Hits

Bandung juga terkenal dengan kafe-kafe hitsnya yang menawarkan berbagai jenis makanan modern dan suasana yang instagrammable. Salah satunya adalah One Eighty Coffee, yang menawarkan konsep unik dengan kolam renang di tengah kafe. Selain itu, ada juga Armor Kopi yang terletak di area hutan pinus, menawarkan pengalaman menikmati kopi yang berbeda.

7. Surabi Enhaii

Surabi Enhaii adalah salah satu tempat paling populer di Bandung untuk menikmati serabi, yaitu pancake tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Serabi di sini disajikan dengan berbagai topping, mulai dari gula merah hingga keju dan cokelat.

Tips Saat Mencoba Kuliner Bandung

  • Coba Beragam Tempat: Dengan banyaknya pilihan, jangan ragu untuk mencoba berbagai tempat untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang beragam.
  • Perhatikan Jam Buka: Beberapa tempat makan memiliki jam operasional yang unik, terutama yang buka hanya di malam hari.
  • Bersiap untuk Antrian: Beberapa tempat kuliner populer di Bandung mungkin memiliki antrian, terutama saat akhir pekan.
Baca Juga:  7 Makanan Khas Jakarta yang Harus Kamu Coba

Kesimpulan

Kuliner Bandung menawarkan pengalaman yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan pengalaman unik dan berkesan. Dari makanan tradisional hingga kafe modern, Pusat Kuliner Bogor selalu memiliki sesuatu yang baru dan menarik untuk dicoba.