5 Tempat Wisata yang Wajib Anda Singgahi Jika Berada di Palembang

5 Tempat Wisata yang Wajib Anda Singgahi Jika Berada di Palembang

Palembang adalah sebuah kota yang terletak di pulau Sumatera Indonesia. Ini adalah ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di pulau itu. Palembang adalah salah satu kota tertua di Asia Tenggara, dan keberadaannya dapat ditelusuri kembali ke abad ke-7 ketika menjadi ibu kota Kerajaan Sriwijaya yang sangat berpengaruh. Kota ini terletak di kedua tepi Sungai Musi yang dihubungkan oleh Jembatan Ampera yang ikonik dengan banyak kanal di seluruh kota yang membuatnya mendapat julukan ‘Venesia dari Timur’. Kota yang semarak ini juga merupakan salah satu tujuan utama di nusantara berkat keindahan alamnya dan sejumlah tempat wisata.

1. Taman Hutan Raya Punti Kayu

Taman Hutan Raya Punti Kayu merupakan satu-satunya hutan yang ada di kota Palembang dan juga merupakan kawasan lindung pemerintah. Taman ini didirikan pada tahun 1938, dan memiliki beberapa atraksi yang menjadikannya bagian integral dari kota. Hutan pinus mencakup sekitar 50 hektar dengan taman hiburan mini, kebun binatang mini, taman bunga, dan kolam renang yang terletak di dalam taman. Taman hiburan mini ini sangat populer di kalangan pengunjung sebagai lokasi foto yang menampilkan berbagai replika seperti menara Eiffel. Anda juga bisa menunggangi gajah atau sekedar bersantai di kolam renang. Pohon pinus di sekitarnya menciptakan suasana santai dan tenang yang sempurna untuk tamasya keluarga dengan banyak kegiatan untuk dinikmati semua orang.

2. Taman Burung Palembang

Untuk pengalaman mendalam lainnya, kunjungi Taman Burung Palembang. Taman ini lebih merupakan kebun binatang yang menampung berbagai burung serta hewan lain termasuk reptil, rusa, kuda, monyet, dan banyak lagi. Setiap kandang memiliki materi infografis yang memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang hewan-hewan ini. Pengunjung diperbolehkan memelihara burung asalkan mereka mencuci tangan untuk mencegah risiko infeksi karena beberapa burung rentan terhadap penyakit. Anda juga dapat memberi makan burung dengan makanan ringan yang disediakan oleh staf. Taman burung ini menjadi favorit penduduk lokal dan wisatawan sebagai lokasi berfoto karena diperbolehkan berfoto bersama burung.

3. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Monpera dibangun pada tahun 1988 sebagai simbol perjuangan rakyat untuk merdeka dari penjajahan Belanda. Memiliki ketinggian 17 meter, memiliki delapan tingkat, dan 45 jalur yang melambangkan tanggal kemerdekaan negara, 17 Agustus 1945. Di dalam dinding monumen terdapat peti megah Garuda Pancasila dan artefak sejarah lainnya termasuk uang kuno, pakaian, senjata, dan foto-foto. Monpera adalah tempat terbaik untuk belajar tentang sejarah perang 5 hari dengan Belanda, periode penting dalam sejarah Palembang. Monumen yang berbentuk seperti bunga melati mewakili kemurnian hati para prajurit menjadikannya landmark unik yang wajib dikunjungi.

4. OPI Water Fun

Tidak jauh dari Taman Burung Palembang terdapat OPI Water Fun, sebuah taman hiburan di mana pengunjung dapat menikmati seluncuran air dan kolam renang sambil bermain berbagai permainan air. Ini adalah tujuan keluarga yang populer dengan staf profesional dan keamanan yang ketat. Ada beberapa wahana dengan berbagai bentuk dan ukuran seperti boom blazer, boogie blash, dan rapid falls di mana Anda bisa berlomba dengan teman. Perjalanan smash down memberikan peluncuran tercepat yang membuat Anda ingin mencobanya berulang kali karena adrenalin yang didapat dari perjalanan. Anak-anak tidak ketinggalan karena ada kolam anak-anak, kastil pelangi, dan kolam lumba-lumba di mana mereka dapat bersenang-senang

5. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah harta karun arsitektur di kota dengan estetika Indonesia, Cina, dan Eropa. Ini juga merupakan masjid terbesar di kota, dan dapat menampung hingga 7.000 jamaah. Masjid ini juga memiliki makna sejarah yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Masjid ini telah mengalami pemugaran dan penambahan yang signifikan sehingga menciptakan masjid yang megah yang tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang populer. Ada terowongan yang menghubungkan masjid dengan Benteng Kubo Besak dan Monpera yang memungkinkan wisatawan untuk melihat landmark sekaligus. Ada sebuah taman di dekat masjid di mana Anda dapat bersantai setelah tur Anda sambil mencicipi barang-barang yang dijual oleh para pedagang yang berbasis di sana.

Sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya yang berkuasa yang menguasai sebagian besar Asia Tenggara, Palembang memiliki sejarah yang kaya, dan karena itu merupakan tempat terbaik untuk belajar tentang sejarah wilayah tersebut. Keindahan alam kota dan infrastruktur modern terus menarik banyak wisatawan dari tahun ke tahun dan dengan alasan yang bagus. Ini memang tempat yang luar biasa dengan sejumlah atraksi dan orang-orang cantik yang ingin berbagi ketenangan kota ini dengan pengunjung.