10 Kepulauan Afrika yang Indah Favorit Wisatawan

10 Kepulauan Afrika yang Indah Favorit Wisatawan

Saat menyebutkan hari libur Afrika, kebanyakan orang mungkin akan memikirkan tur safari, kunjungan ke monumen Mesir kuno, atau mungkin perjalanan ke Cape Town atau Marrakesh. Namun, Afrika juga memiliki beberapa pulau menakjubkan yang terletak di lepas pantainya. Madagaskar, pulau terbesar ke-4 di dunia adalah yang paling jelas, tetapi ada juga beberapa pulau kecil yang layak untuk dikunjungi. Pulau – pulau Afrika ini memiliki sejarah yang menarik, satwa liar yang unik dan pantai yang dengan mudah menyaingi Karibia.

1. Sao Tome

Pulau São Tomé adalah pulau terbesar di São Tomé dan Príncipe, negara kepulauan berbahasa Portugis yang terletak di Khatulistiwa, di lepas pantai barat Afrika Tengah. Hanya sedikit turis yang berhasil mencapai pulau itu sehingga pengunjung dapat menyelam dan snorkeling di perairan yang belum dipetakan dan menjelajahi desa-desa nelayan yang mengantuk dengan kecepatan mereka sendiri dan santai. Pilihan aktivitas lainnya termasuk pergi ke pabrik cokelat dan menikmati kopi terbaik dunia.

2. Sal

Sal adalah pulau paling populer di Cape Verde, sebuah kepulauan dari 10 pulau Afrika yang terletak di tengah Samudera Atlantik. Pulau Sal, yang berarti garam dalam bahasa Portugis, menjadi populer karena pantai berpasirnya yang indah. Kota utamanya adalah Santa Maria, di mana terdapat restoran, bar, musik, dan kehidupan malam. Rumah-rumah dan toko-toko bernuansa pastel berjajar di jalan-jalan.

3. Mohéli

Mohéli, juga dikenal sebagai Mwali, adalah pulau terkecil dari tiga pulau Afrika yang membentuk negara Komoro. Itu liar, belum berkembang dan jarang penduduknya dengan beberapa fasilitas modern. Ini juga merupakan rumah bagi satu-satunya taman nasional di Komoro, Taman Laut Mohéli dan perenang snorkel yang mencari terumbu karang berwarna-warni tidak akan kecewa. Penyu, lumba-lumba, dan paus semuanya dilindungi di taman ini.

4. Usir Be

Pulau kecil Nosy Be adalah tujuan wisata utama Madagaskar yang menarik ribuan wisatawan dari seluruh dunia sepanjang tahun. Meskipun pantai Nosy Be tidak terlihat sesempurna beberapa pantai lain di Samudra Hindia, pantai ini memang memenangkan poin untuk ketenangan, air biru kehijauan yang jernih, dan restoran hidangan laut luar biasa yang menyajikan hidangan laut di atas pasir.

5. Djerba

Djerba adalah pulau terbesar di Afrika Utara yang terletak di lepas pantai selatan Tunisia. Ini menawarkan pantai berpasir yang indah dan pedesaan yang damai dan tenang. Ini adalah salah satu dari sedikit tempat yang tersisa di Tunisia di mana bahasa Berber masih digunakan. Kota Ajim adalah lokasi tahun 1977 dari adegan eksterior Mos Eisley dalam film Star Wars pertama.

6. Reuni

Reunion adalah wilayah seberang laut Prancis dengan populasi sekitar 800.000 yang terletak di timur Madagaskar dan barat daya Mauritius, pulau terdekat. Pelaut Swahili, Arab, dan Portugis semuanya mengunjungi pulau itu tetapi Prancislah yang menjajah pulau itu pada 1665. Reunion mirip dengan pulau Hawaii sejauh keduanya terletak di atas titik panas di kerak bumi. Gunung berapi tertinggi adalah Piton des Neiges di 3.070 meter (10.070 kaki) di atas permukaan laut.

7. Pulau Lamu

Pulau Lamu adalah bagian dari Kepulauan Lamu Kenya. Kota Tua Lamu, kota utama di pulau itu, adalah salah satu pemukiman Swahili tertua dan terpelihara dengan baik di Afrika Timur. Terbuat dari batu karang dan kayu bakau, kota ini memiliki halaman dalam, beranda, dan pintu kayu berukir rumit. Tidak ada jalan di pulau itu, hanya gang dan jalan setapak, dan oleh karena itu, hanya ada sedikit kendaraan di pulau itu.

8. Mauritius

Mauritius adalah sebuah pulau kecil multikultural di Samudera Hindia, sebelah timur Madagaskar dan tenggara Seychelles. Mauritius adalah sebuah pulau tak berpenghuni sampai Belanda tiba pada tahun 1598. Belanda pergi pada tahun 1710 karena kondisi iklim yang sulit. Prancis mengambil kesempatan mereka 5 tahun kemudian hanya untuk menyerahkan pulau itu ke Inggris pada tahun 1810. Sejak saat itu, pulau itu berganti nama menjadi Mauritius dan tetap di bawah kekuasaan Inggris sampai mencapai kemerdekaan. Mauritius terkenal sebagai satu-satunya habitat dodo yang diketahui. Burung ini adalah mangsa yang mudah bagi pemukim karena berat dan ketidakmampuannya untuk terbang, dan menghilang kurang dari 80 tahun setelah kolonisasi Eropa awal.

9. Zanzibar

Zanzibar (juga disebut sebagai Unguja atau Pulau Zanzibar) adalah pulau terbesar dan terpadat di kepulauan semi-otonom Zanzibar, di lepas pantai Tanzania. Pulau Afrika selama berabad-abad merupakan pusat perdagangan penting, tempat peleburan pengaruh Afrika, India, dan Arab. Daya tarik utama Zanzibar adalah Kota Batu, dengan rumah bercat putih, rumah kain koral, toko menawan, bazaar, masjid, alun-alun, dan halaman. Daya tarik besar lainnya adalah pantai berpasir putih yang indah yang dikelilingi oleh laut pirus.

10. Praslin

Praslin adalah pulau terbesar kedua di Seychelles dengan populasi sekitar 6.500 orang. Dulunya tempat persembunyian bagi bajak laut dan pedagang Arab, sekarang menjadi tujuan wisata populer dengan beberapa hotel dan resor. Pantai berpasir putihnya seperti Anse Lazio dan Anse Georgette termasuk yang terindah di dunia. Ini juga memiliki hamparan hutan tropis yang luas dengan burung-burung seperti Bulbul Seychelles endemik. Cagar Alam Vallée de Mai yang indah terkenal dengan coco de mer dan anggrek vanila yang unik.